Sunday, July 31, 2011

Mindset bisnis online.

Oke, sebelum lebih jauh menyelami bidang bisnis onlie, terlebih dahulu harus difahami mengenai mindset atau pola pikir dalam menyikapi bisnis ini. Sebab dengan adanya pola pikir yang benar tentang bisnis ini akan sangat berpengaruh pada prilaku anda dalam berbisnis onlie. Sebaliknya, apabila mindset anda salah maka kesuskesan akan “jauh panggang dari api”.
Lantas bagaimana mindset bisnis online yang benar? Ini yang berusaha dikemukakan pada posting kali ini.
Baiklah para netter. Berikut ini adalah mindset yang harus melekat pada seorang pebisnis online (internet marketer).
Pertama, ialah bahwa bisnis online itu adalah sebuah bisnis, bukan sekedar hobi dan iseng-iseng. Jika ini merupakan suatu bisnis maka haruslah dijalankan dengan serius berdasarkan prinsip-prinsip bisnis pada umumnya; Strategi,planning dan goal yang jelas dan tepat, seperti yang dijelaskan pada posting sebelumnya.
Kedua, bisnis online itu buka cara cepet untuk kaya atau menghasilkan uang yang berlimpah dalam waktu singkat seperti yang banyak dipakai dalam bahasa iklan. Atau dengan kata lain ia bukan scam.Untuk mendapatkan hasil baik berupa residual income, fulltime income maupun pasif income tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itu butuh waktu, keseriusan dan komitmen. Namun demikian bisnis online ini sudah terbukti menghasilkan uang dan telah banyak melahirkan orang-orang kaya dengan menjalankannya.
Ketiga, dalam menjalankan bisnis onlie dituntut untuk fokus. Fokus adalah konsentrasi pada satu bidang bisnis tertentu sesuai dengan  minat, hobi atau keahlian yang anda miliki. Minat dan hobi dapat menjadi pendorog semangat dan ketekunan anda dalam menjalankannya. Sedangkan keahlian akan membuat anda tampak professional dalam menjalankan bisnis onlie. Namun demikian, keahlian di sini tidak berarti anda harus sudah ahli di bidang tersebut baru akan terjun berbisnis online. Tetapi keahlian itu dapat dipelajari dari para master atau berbagai sumber dan anda dapat mendalami bidang tersebut sambil menjalani bisnis online ini. Atau sambil menyelam minum air, demikian kata pepatahnya. Dengan anda fokus di bidang bisnis yang anda geluti akan membuat anda semakin ahli dan professional. Dan yang dimaksud dengan fokus di sini adalah menekuni bidang tersebut terlebih dahulu dan menjadikannya sebagai prioritas pengembangan bisnis anda sampai terlihat hasilnya. Kemudian baru setelah itu anda dapat mengembangkannya ke bidang lain. Misalnya, apakah anda mau fokus di bidang bisnis Adsense, atau reseller atau affiliate , maupun salah satu bidang lainnya.
Keempat, dalam bisnis online perlu ada action. Dan masalah action ini merupakan hal yang seringkali dijadikan penekanan oleh para master bisnis online baik yang ada di dalam maupun luar negeri. Karena sebagus apa pun suatu program, tutorial atau ide bisnis namun kalau tidak diikuti action (tindakan nyata) maka itu tidak berarti apa-apa. Maka itu ada istilah yang dimunculkan oleh salah seorang master bisnis yang mengatakan: Stop dreaming, start action!
Kelima, bisnis online itu perlu modal. Ya, untuk meraih kesusesan dalam berbisnis online ini diperlukan modal. Namun modal yang dikeluarkan tidak sebesar kebutuhan bisnis offline. Kalau di dalam bisnis online anda perlu menyewa tempat, membeli barang-barang untuk dijual dan mengelurkan biaya promosi dll, maka demikian pula halnya dalam bisnis online. Misalnya anda harus membeli domain dan menyewa hosting untuk website anda. Anda harus menyediakan dana untuk perangkat computer dan internet. Kalau pun anda tidak harus mempunyai computer dan perangkat internet, anda harus ke warnet secara rutin untuk mengembangkan website anda dari berbagai aspeknya. Dan seandainya anda tidak mau membuat website dan fokus sebagai affiliate atau reseller, maka anda harus mengelaurkan dana promosi untuk mendapatkan penjualan. Jadi, modah harus ada walaupun tidak sebesar modal yang anda butuhkkan dalam menjalankan bisnis secara ofline.
Keenam, kejujuran. Hal ini sangat penting jika seseorang ingin sukses dan mempertahankan bisnis. Di dalam bisnis apa pun seseorang harus memiliki kejujuran. Karena kejujuaran itu merupakan “harta simpanan” bagi seseorang. Ketika seseorang itu dikenal jujur maka ia akan mendapatkan simpati dan kepercayaan dari kostumer. Dan kejujuran ini menjadi lebih penting lagi nilainya di dalam bisnis online dimana seseorang hanya saling kenal melalui dunia maya dan hampir tidak pernah atau bahkan sama sekali tidak pernah bertatap muka dengan kostumernya.
Itulah mindset yang harus dipahami dan menjadi acuan dalam menjalankan bisnis onlie agar langkah anda terarah dan tidak tersesat oleh berbagai bujuk rayu scammer atau para penipu yang menjanjikan kekayaan dalam sekejap. Apabila mindset ini anda pahami dan menjadi sikap bisnis anda, isnya Allah jalan meraih kesuksesan akan terbuka lebar di depan anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda yang sangat berharga untuk evaluasi dan peningkatan kualitas konten Blog: HOT TIPS CARA MENDAPATKAN UANG DI INTERNET

Ayo Cari Uang dengan Youtube, Lumayan Gurih Lho

Yes, ini suatu ajakan yang tidak main-main. Berenan lho Youtube dapat dimonitisasi agar menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para in...