Tuesday, July 26, 2011

Apakah anda sudah siap menjalankan bisnis online?

hujan duit pasif income
Setelah pada posting sebelumnya saya memaparkan 10 keuntungan atau kelebihan bisnis online, kiranya terpikir oleh anda bahwa bisnis online ini merupakan peluang yang  bagus dan strategis untuk mendatangkan penghasilan, baik dalam artian residual income, fulltime income dan pasif income.  Recidual income artinya uang tambahan atau uang ceperan kata mereka yang bekerja sebagai karyawan di dunia kerja offline. Sementara fulltime income adalah penghasilan penuh yang dapat diandalkan untuk  memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup anda dan keluarga. Dan pasif income adalah penghasilan online yang mengalir secara terus menerus dan otomatis 24/7 (dua puluh empat jam sehari dan selama tujuh hari dalam seminggu), dan penghasilan tersebut datang secara terus menerus  meskipun anda sedang tidur dan jalan-jalan, tanpa bisa anda stop. “Ueiih wena’e”,  kata orang jawa.
                “Wah kalau begitu, saya mau deh ikutan bisnis online.” Eit jangan buru-buru, mas! Bisnis onlie tidak cukup hanya bermodalkan nafsu, atau karena ikut-ikutan trend atau tergiur iming-iming penghasilan. Tapi harus berdasarkan motivasi yang kuat dan keseriuasan dalam menjalankannya, sehingga tidak “angat-angat tai ayam”. Sebab bisnis onlie adalah bisnis beneran, buka bisnis main-main.
                Apa maksudnya, bisnis online itu bisnis beneran? Artinya, bisnis ini harus dikelola secara dedikatif dan anda harus memiliki komintmen kesetiaan dan meluangkan waktu untuk mengelolanya. Harus dikelola berdasarkan manajemen dan strategi yang tepat sesuai bidang apa yang akan digeluti. Ingat prinsip-prinsip bisnis berikut. Dan kalau boleh digambarkan skenario pengelolaan bisnis online itu adalah sebagai berikut:
Ide à strategi à planning à inplementasi à evaluasi à optimasi
Berikut adalah sepintas penjelasan poin-poin di atas:
  1. Ide; Menjalankan bisnis online betitik tolak dari sebuah idea bisnis. Misalnya, bidang bisnis apa yang hendak anda jalankan secara online. Pada prinsipnya semua bidang bisnis yang dijalankan orang secara offline, dapat juga dijalankan secara online baik sebagai sarana utama maupun sarana pelengkap. Namun kembali kepada scoup dan kompleksitas bisnis tersebut. Jika suatu bidang bisnis  scoupnya luas dan kompleks, maka untuk menjalankannya perlu sebuah institusi dan organisasi. Tapi jika scoupnya sempit dan tidak terlalu kompleks maka bisa dijalankan oleh perorangan. Dan yang terakhir ini nantinya akan menjadi konsentrasi pembahasan kita.
  2.  Strategi; Agar suatu bisnis berjalan secara efektif maka diperlukan strategi. Artinya langkah-langkah, trik-trik dan siasat yang akan ditempuh dalam menjalankan bisnis ini.
  3. Palanning; Perencaan bisnis yang dibuat sedimikian rupa untuk mencapai goal pada jangka waktu tertentu.
  4. Inplementasi; Sebagus apa pun perencanaan yang dibuat tapi tidak ada action atau inplementasi maka hasil tidak akan diperoleh. Masalah action ini amat sangat ditekankan oleh para master di bidang bisnis online. Sebab tanpa action impian untuk meraih residual income, fulltime income apalagi pasif income tidak akan tercapai alias hanya mimpi belaka.
  5. Evaluasi; Mengevaluasi pencapaian bisnis itu sangat penting untuk mengetahui efektifitas strategi, planning dan implementasi yang sudah dijalankan. Sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam rentang waktu selama ini. Jika belum maksimal, perlu ada perbaikan dan penambalan pada lubang-lubang kekurangan untuk menghindari kesalahan serupa dan mencapai hasil yang diharapkan.
  6. Optimasi; Agar bisnis online anda berkembang terus maka perlu dilakukan optimasi dan upgrade agar selalu up to date. Lebih-lebih persaingan di bisnis online ini sangat ketat dan luas , sehingga tidak tertutup kemungkinan bisnis anda akan tergeser oleh pesaing anda.
Oke. Inilah hal-hal yang perlu menjadi perhatian anda dalam menjalankan bisnis onlie jika anda ingin memiliki mesin uang internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau pun penghasilan penuh, lebih-lebih lagi pasif income dari  pasar internet.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda yang sangat berharga untuk evaluasi dan peningkatan kualitas konten Blog: HOT TIPS CARA MENDAPATKAN UANG DI INTERNET

Ayo Cari Uang dengan Youtube, Lumayan Gurih Lho

Yes, ini suatu ajakan yang tidak main-main. Berenan lho Youtube dapat dimonitisasi agar menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para in...