Tuesday, June 18, 2013

Inilah Cara Membuat Blog untuk bisnis online



           Postingan ini diperuntukkan buat sohib dan sohiba yang newbetol, alias anak baru dalam bisnis online. hehe.. yang belum tahu cara membuat blog. kalau yang sudah tahu ya udah jangan dibaca ya.
            Bagi seorang yang mau terjun ke dunia bisnis online, atau mengonlinekan bisninya, maka ia haru memiliki blog. Istilah blog kini kerap kali digunakan sebagai pengganti istilah website, dan cendrung perbedaan antara keduanya semakin menipis. Sehingga aktivitas ngeblog itu disebut bloging, bukan ngeweb. Jadi, kalau mau terjun di bisnis online, mutlak harus punya blog dan tahu cara membuat blog.
         Membuat blog kini tidak sulit seperti dulu. Kalau dulu untuk membuat blog harus mengetahui bahasa pemrogaman. Tapi kini membuat blog sudah mudah, bahkan banyak sekali penyedia tempat membuat blog gratis. Namun yang ini tentu tidak bisa memakai nama domain tanpa extension. Seperti jika anda membuat blog gratis di blogger.com, maka nama domainnya ditambah dengan blogspot.com. Misalnya: namadomainanda.blogspot.com. Begitu juga dengan penyedia layanan blog gratisan lainnya, seperti wordpress.com, yola.com, weblog.com , dll. Dibelakang nama domainnya disisipkan nama penyedia layanan tersebut.
       Namun perlu diingat, bahwa tidak semua layanan blog gratis itu membolehkan monitise blog, sperti penempatan scipt adsesnse, url afiliasi dll. Sejauh ini yang paling popular di antara penyedia layanan blog gatis yang boleh dimonetisasi ialah blospot. Dan cara membuat blog di blogspot sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buat dulu email di gmail.com. ikuti langkah-langkah pembuatannya secara step by step sesuai intruksi
2. Setelah anda punya akun email dig mail.com, selanjutnya masuk ke www.blogger.com
Akan muncul halaman seperti ini:

 3. Login dengan email dan password anda tadi.
Maka akan muncul tulisan:
Ciptakan blog Anda
Anda belum punya blog apa pun, buat satu sekarang juga dan mulai tulis pos Anda! Blog Anda tidak terlihat?
4. Selanjutnya pilih:Klik Blog baru. Maka akan muncul di layar seperti gambar di bawah ini:

5. Tulis judul blog Anda pada kolom judul Blog, dan alamat blog (nama domain) pada kolom alamat
6. Selanjutnya pilih salah satu tempalet di bawahnya, terserah yang disukai.
7.  Lalu klik: Buat Blog
8. Jadi deh bloh anda
9. Selanjutnya anda mulai menulis tentang apa saja yang sesuai dengan topik blog anda, dengan mengklik New Post. Dan tulis pada moda : Compose, bukan HTML (karena yang ini sulit)
10. lalu anda bisa anda merapikan tulisan, mengatur font , warna , menyisipkan gambar, video dll sesuai dengan menu yang tersedia di atas. Pada label: tulis sesuai kategori artikel, lalu klik done. Apabila tulisan sudah kelar. Klik Publish. Udah deck , blog anda sudah online. Dan bisa dibaca oleh orang yang menemukan blog anda melalui mesin pencari, seperti google dan yahoo search dan bing, dll
11. Ulangi langkah ke 10, bila ingin menambah postingan baru, setelah mendapatkan ide baru tentunya. Dan jangan sampai anda membuat postingan yang hasil copian dari blog lain, percuma, karena artikelnya jadi tridak unique, dan tidak akan terindeks pada mesin pencari.
12. Ekplore fitur-fitur blogger lainnya yang tersedia pada menu sebelah kiri, seperti pada gambar di bawah ini, terutama menu: Layout, untuk menambah widget dan pelengkap blog, template, untuk meubah dan mempercantik tampilan blog, seting untuk optimasi blog.
 
13. Agar blog anda bisa menghasilkan uang, baik dengan adsense, affiliate, maupun unutuk difungsikan sebagai toko online atau jual jasa online, anda perlu melakukan optimasi SEO untuk mendatangkan traffic dari Search Engine. Di sini jika anda merasa perlu mendapatkan penghasilan tambahan jangka menengah maupun jangka panjang, anda perlu belajar bagaiman merubah blog menjadi mesin uang di sourece seperti Rahasia Website Pemula, café Bisnis, Formula Bisnis Click Bank, dll. Dan Insya Allah anda mendapatkan uang dari intenet apabila sudah tahu cara membuat blog.

2 comments:

  1. Infonya oke banget, aku baru belajar buat blog,trims yach

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak sob, tamplate yang bagus yang kaya gimana ya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda yang sangat berharga untuk evaluasi dan peningkatan kualitas konten Blog: HOT TIPS CARA MENDAPATKAN UANG DI INTERNET

Ayo Cari Uang dengan Youtube, Lumayan Gurih Lho

Yes, ini suatu ajakan yang tidak main-main. Berenan lho Youtube dapat dimonitisasi agar menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para in...