Monday, July 29, 2013

Bloging yang Eefekti itu Seperti Menulis Buku



            Setelah cukup lama melakukan aktifitas blogging, saya baru sadar bahwa kegiatan blogging itu sama seperti menulis sebuah buku. Maksudnya?
           Ya meski saya sudah lama terlibat dalam urusan perbukuan dengan menerjemahkan berbagai buku Islam dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, dan Alhamdulillah sudah banyak yang terbit di berbagai penerbitan, seperti Pusataka Azam, gema Insani Press, al Kautsar dan Khatulistiwa, tapi setelah merenungkan , eh baru sadar kalau dunia blogging itu ternyata seperti menulis buku.
            Artinya? Kalau mau menulis buku, anda harus memikirkan tentang topik buku yang hendak di tulis, lalu mencari referensi penunjang agar buku anda berbobot dan diminati. Setelah itu anda membuat daftar isi dan membaginya sesuai Bab dan Sub Bab hingga membentuk satu kesatuan yang tidak menyimpang dari topik yang sedang dibahas.
           Lalu apa tujuan dari menulis buku itu? Tentu sekali untuk membagi ilmu sebagai pencerahan atau solusi atas masalah yang dihadapi orang, sebagai referensi dan inspirasi, juga untuk informasi. Tergantung dari topic apa yang dipilih. 
        Dilihat dari jenis topiknya ada buku yang berat (ilmiyah), ada buku yang ilmiyah popular, ada buku how to (bagaimana cara.... ) , adan buku yang berupa bacaan santai, seperti novel, humor, cerita-cerita. Dan masih banyak lagi pembagian dan kategorinya.
            Nah begitu pula dengan dunia blogging, untuk menjadi blogger yang baik haruslah membuat blog yang terarah dan utuh, informative, bermanfaat dan membahas satu bidang bahasan secara kuntinyu dan konsisten. Topik pada blog biasanya disebut niche yang selaras dengan kata kuci yang diincar. Ini apabila blog ditujukan untuk monetisasi. Tapi kalau sekedar sebagai catatan harian dan dan penyaluran hobi, mungkin akan menjadi blog gado-gado .
         Ini cuma pandangan saya lho, mungkin blogger lainnya punya pandangan yang berbeda. Tapi sejauh yang saya pelajari dari para webmaster sih mereka menyarankan satu blog hanya membahas satu topic dan sebelum membuatnya harus melakukan riset dulu mengenai topic apa yang diminati dan banyak dicari yang tercermin pada kata kunci yang diketikkan dari serch engine. Kemudian setelah blog dibuat, harus diisi dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan unik. Nah sebelum anda terjun di dunia blogging, mikir dulu ya; apa anda punya sedikit kemampuan untuk menulis pada topik tersebut sehingga bisa dikembangkan nantinya agar menjadi blog yang diminati oleh pengunjung sehingga bisa mendatangkan uang bagi pemilik blog tersebut.
            Meski begitu, blog gado-gado bukan berarti tidak bisa mendatangkan uang. Cuma untuk blog seperti ini lebih baik diarahkan sebagai publisher untuk memonetisasi, yaitu menyediakan space untuk script iklan seperti google adsense, ppc local, infolink dll. Sebab pengunjungnya tidak tertarget karena topiknya tidak hanya satu macam.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda yang sangat berharga untuk evaluasi dan peningkatan kualitas konten Blog: HOT TIPS CARA MENDAPATKAN UANG DI INTERNET

Ayo Cari Uang dengan Youtube, Lumayan Gurih Lho

Yes, ini suatu ajakan yang tidak main-main. Berenan lho Youtube dapat dimonitisasi agar menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para in...